Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayan Keperawatan Di Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran

Veronika i, Adhitya Marsilia Eka Putr (2017) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayan Keperawatan Di Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih Yogyakarta.

[img] Text
Veronika Adhitya.pdf

Download (93kB)

Abstract

Menurut Kotler yang disitasi oleh Nursalam (2011) kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Menurut Parasuraman yang disitasikan oleh (Nursalam, 2015) mengemukakan konsep kualitas layananan yang berkaitan dengan kepuasan ditentukan oleh lima unsur yang biasa dikenal dengan istilah kualitas layanan “RATER” (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reability). Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif sederhanaSecara keseluruhan hasil penelitian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Inap RS Santa Elisabeth Ganjuran didapatkan data sebagian besar (83,3%) responden menyatakan puas terhadap pelayanan keperawatan, sebagian kecil (13,3%) responden menyatakan cukup puas terhadap pelayanan keperawatan dan hampir tidak ada (3,4%) responden yang menyatakan tidak puas terhadap pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran.Saran kepada managemen rumah sakit diharapkan untuk mempertahankan pelayanan keperawatan kepada semua pasien yang dirawat dengan terus mengembangkan sarana dan prasarana, dan lebih memberikan penjelasan kepada pasien baik dalam proses perawatan, alur pengurusan perawatan, jam kunjung pasien dan mengarahkan perawat untuk meningkatkan layanan keperawatan baik dalam keramahan, kepedulian dan ketanggapan, ketrampilan saat menangani pasien akan kebutuhan pasien agar pelayanan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran semakin memuaskan. Kata kunci : kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Gawat Darurat
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:36
Last Modified: 06 Sep 2022 08:54
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item