Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Home Care Di Rumah Sakit Panti Rini Kalasan

Cornelius, Aaron Octaviano Ronala (2018) Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Home Care Di Rumah Sakit Panti Rini Kalasan. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih Yogyakarta.

[img] Text
INTISARI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Home care merupakan bentuk pelayanan pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di lingkungan keluarga/di rumah sebagai wujud perhatian terhadap lanjut usia dengan mengutamakan peran masyarakat berbasis keluarga (Kementrian Sosial, 2009a, dalam jurnal Widyakusuma, 2013).Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan home care Rumah Sakit Panti Rini. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal terpancang dengan metode observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, variabel yang diteliti adalah kepuasan pasien dalam pelayanan Home Populasi dalam studi kasus ini adalah seluruh pasien yang dalam pelayanan Home Care Tahun 2017 sebanyak 27 pasien, dan pada Tahun 2018 sebanyak 9 pasien. Dalam penelitian ini menggunakan sampel tunggal (1) dari jumlah populasi pasien yang menggunakan pelayanan home care rumah sakit panti rini.. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan teknik wawancara terbuka yaitu dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada responden selama 45 menit di ruang tamu dan responden memberikan jawabannya. Wawancara ini akan direkam menggunakan alat perekam sebelum dilakukan observasi.didapatkan data responden mendapatkan kemudahan dalam menghubungi perawat, responden Mendapati perawat menjawab pertanyaan dengan pasti tanpa menunjukankan keraguan, , perawat konsisten dalam memberikan perawatan, perawat mempunyai kemampuan yang cukup dalam perawatan home care. Responden Menyatakan perawat bersikap empati, penampilan perawat rapi, wangi, bersih. Selain itu responden juga mendapatkan kenyamanan saat perawat melakukan perawatan home care. Responden Menyatakan perawat datang tepat waktu, perawat tanggung jawab terhadap ketepatan waktu, perawatan home care lebih efisien dan biaya yang dikeluarkan standart, serta responden sudah mantab dengan home care panti rini Peneliti berharap perawat mampu mempertahankan kualitas dan kuantitas pelayanan Home Care dalam ke empat aspek tersebut, agar tetap tercapainya kepuasan pasien terhadap pelayanan Home Care, serta Peneliti berharap agar pada penelitian selanjutnya dapat meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien Home Care. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan, Home Care

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Personal Higiene
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 26 Jun 2019 05:49
Last Modified: 08 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item