Praktik Cuci Tangan Enam Langkah Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir Pada siswa sekolah dasar Kelas 1 di SD N 1 Ngestiharjo Tanungsari Gunungkidul

Denta, Selviana Putri (2018) Praktik Cuci Tangan Enam Langkah Menggunakan Sabun Dan Air Mengalir Pada siswa sekolah dasar Kelas 1 di SD N 1 Ngestiharjo Tanungsari Gunungkidul. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih Yogyakarta.

[img] Text
Denta Selviana Putri.pdf

Download (58kB)

Abstract

Proporsi penduduk di DI Yogyakarta yang berperilaku benar dalam cuci tangan yaitu 49,8% (Riskesdas, 2013). Penderita diare pada tahun 2012 di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 10.711 kasus dari jumlah perkiraan 30.692 kasus (34,89%). Peran perawat sangat penting yaitu sebagai pelaksana, layanan keperawatan (care provider), pendidik ( educator ), advocator bagi induvidu dan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif survei. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran praktik cuci tangan enam langkah menggunakan sabun dan air mengalir pada siswa sekolah dasar kelas 1 di SD N Ngestiharjo Tanjungsari Gunungkidul. Sampel diambil dengan tehnik total sampling yaitu seluruh kelas lima, yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian Praktik cuci tangan dalam persiapan cuci tangan yaitu semua siswa dalam kategori baik sebesar 100% dan langkah cuci tangan siswa dengan hasil (20%) siswa dalam kategori cukup dan (80%)siswa dalam kategori baik, dengan menambahkan sarana cuci tangan dan adanya kegiatan cuci tangan yang rutin yang diajarkan para Guru di Sekolah, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kebiasaan menjaga kebersihan tangan dengan melakukan langkah-langkah mencuci tangan secara rutin dan benar terutama pada langkah 4, 5, dan 6. Kata kunci : Praktik, Cuci tangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Personal Higiene
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:33
Last Modified: 08 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item