Gambaran Kemampuan Praktik Cuci Tangan Dengan Prinsip Enam Langkah Menggunakan Sabun dan Air Mengalir Pada Siswa Kelas VI di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Tahun 2018

Devinta, Aulia (2019) Gambaran Kemampuan Praktik Cuci Tangan Dengan Prinsip Enam Langkah Menggunakan Sabun dan Air Mengalir Pada Siswa Kelas VI di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Tahun 2018. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

[img] Text
devinta.pdf

Download (41kB)

Abstract

Anak-anak usia sekolah mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perlunya cuci tangan dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika di lingkungan sekolah cuci tangan merupakan perilaku yang paling efektif dan efisien dalam upaya pencegahan dan pengontrolan penularan penyakit infeksi karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak tercemar kotoran dan bibit penyakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir terbukti secara ilmiah efektif untuk mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambarankemampuan praktik cuci tangan dengan prinsip enam langkah pada siswa kelas VI di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif survey. Sampel dengan tekhnik total sampling dengan jumlah sample 59 siswa metode pengumpulan data dengan cara observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Rejondani. Sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu 59 responden.Hasil penelitian menyatakan bahwa tahap pelaksanaan cuci tangan dalam kategori baik mencapai 63% cukup 35% kurang 2%, dan tahap evaluasi cuci tangan tahap pertama 100% dilakukan dan tahap kedua 90% dilakukan 10% tidak dilakukan. Kata kunci : cuci tangan, sabun, air mengalir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Personal Higiene
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 24 Jan 2020 05:50
Last Modified: 08 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item