Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Elisabeth Gruyters I Rumah Sakit Panti Rapih.

Yohanes, Yanaka Yastakameda (2019) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Elisabeth Gruyters I Rumah Sakit Panti Rapih. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau puas bahwa produk dan jasa yang diterima telah sesuai bahkan melebihi harapan pelanggan itu sendiri. Kepuasan pasien juga menjadi indikator utama bagi suatu standrat fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran dalam mutu pelayanan,oleh sebab itu kepuasan pelanggan yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan pasien yang aka mempengaruhi provitablilitas dalam fasilitas kesehatan di rumah sakit itu sendiri. Terkadang ketidakpuasan pasien timbul karena terjadinya suatu kesenjangan antara harapan pasien dengan kinerja layanan kesehatan yang dirasakan saat menggunakan jasa layanan kesehatan. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang Rawat Inap Elisabeth Gruyters 1 Rumah Sakit Panti Rapih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif survey, dari penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling dengan jumlah 30 responden. Penelitian ini dilaksanakan dari tangganl 13 November 2018 sampai dengan 29 November 2018. Kesimpulan dari Penelitian yang dilakukan pada pasien di ruang rawat inap Elisabeth Gruyters 1 Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, pada keseluruhan dimensi untuk kepuasan pasien didapatkan hasil sebagian besar responden menyatakan sangat puas (75%) dan sebagian kecil responden menyatakan puas (25%), tidak satupun responden menyatakan tidak puas(0%) hasil tersebut diperoleh dari rata-rata kepuasan pasien dari berbagai aspek dimensi.. Saran bagi Rumah Sakit Agar dapat mempertahankan kehandalan pelayanan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Sehingga meningkatkan layanan keperawatan diruang rawat inap. Kata kunci: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Ruang Rawat inap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Personal Higiene
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 18 Mar 2020 07:00
Last Modified: 08 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item