Stressor dan Mekanisme Koping Nn. A yang Tidak Dapat Menyelesaikan Pendidikan Tepat Waktu Program Studi DIII-Keperawatan di STIKes Panti Rapih Yogyakarta

Carrollina, Dea Pramitasari (2019) Stressor dan Mekanisme Koping Nn. A yang Tidak Dapat Menyelesaikan Pendidikan Tepat Waktu Program Studi DIII-Keperawatan di STIKes Panti Rapih Yogyakarta. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiwa yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu tentunya akan mengalami stres. Stres yang dialami oleh mahasiswa ini tentunya dipengaruhi oleh stressor baik itu secara internal maupun eksternal. Dari stress yang dialami tentunya akan meenimbulkan respon yang disebut dengan mekanisme koping yang terdiri dari mekanisme koping adaptif dan maladaptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stressor yang dialami oleh mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu dan mekanisme koping adaptif serta maladaftif yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus tunggal terpancang. Populasi penelitian adalah semua mahasiwa yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu di STIKes Panti Rapih Yogyakarta dengan jumlah 28 orang. Dari data tersebut penulis menmbuat kriteria inklusi yaitu mahasiswa yang menjalani pendidikan pada semester 9, mahasiwa yang hamil pada masa pendidikan, dan yang bersedia untuk menjadi informan serta kooperatif. Dari kriteria tersebut didapatkan satu sample sesuai dengan kriteria inklusi yaitu Nn. A. Pengumpulan data yang dilakukan selama 3 hari yang dilakukan dengan wawancara dan melakukan observasi pada saat wawancara menunjukkan bahwa stressor yang memicu stress pada Nn. A meliputi stressor internal : pola pikir, dan gangguan fisik. Stressor eksternal yang memicu stres antara lain hubungan interpersonal dengan orang tua dan dosen pembimbing Karya Tulis Ilmiah. Mekanisme koping adaptif yang digunakan antara lain : seeking a support, problem solving, ventilasi, sugesti, acceptance. Mekanisme koping maladaptif yang digunakan adalah introyeksi dan proyeksi. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan pada mahasiswa yang tidak dapat menyesuaikan pendidikan tepat waktu yaitu : lakukan manajemen berfikir positif, jangan menganggap tuntutan orang tua sebagai beban dan acaman, anggap dosen pembimbing adalah orang yang membantu kita, pada saat stres gunakan mekanisme koping adaptif seperti seeking a support, problem solving, ventilasi, sugesti, acceptance. Hindari penggunaan mekanisme koping introyeksi dan proyeksi. Kata kunci : stress, stressor, mahasiswa semester akhir, mekanisme koping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Keperawatan Jiwa
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 28 May 2020 06:30
Last Modified: 26 Aug 2022 09:04
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item