Gambaran Pemenuhan Nutrisi pada Anak Autis di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta

Elisabeth, Rosari Kurnianingtyas (2019) Gambaran Pemenuhan Nutrisi pada Anak Autis di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik di Indonesia pada tahun 2010 jumlah penduduk Indonesia mencapai 237,5 juta orang dengan laju pertumbuhan 1,14, maka jumlah autisme diperkirakan mencapai 2,4 juta orang . Makanan merupakan suatu hal yang juga harus diperhatikan pada anak dengan gangguan autis. Pemberian serta pemilihan makanan secara benar merupakan suatu cara meringankan gejala autisme. Salah satu terapi diet yang dianjurkan pada autisme adalah diet bebas gluten dan bebas kasein. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak dengan autisme di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif studi kasus, desain tunggal terpancang. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 anak autis yang mengalami gangguan pemenuhan nutrisi di Sekolah Khusus Autis Fajar Nugraha Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 1 responden yang dipilih dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil Subjek mengkonsumsi jenis karbohidrat yaitu nasi putih, jenis sayuran seperti kol putih, wortel, brokoli, bayam, sawi. Protein nabati berupa kacang tanah, protein hewani seperti ayam, ikan nila dan lele dan untuk buah-buahan seperti pepaya dan naga. Subjek masih ketahuan mengambil makanan yang mengandung gluten dan kasein secara diam-diam setelah itu mengalami perubahan tingkah laku. Kesimpulan gambaran pemenuhan nutrisi, subjek sudah mengkonsumsi jenis karbohidrat, sayuran, protein nabati, protein hewani, buah-buahan dan bumbu masak yang telah dianjurkan. Subjek masih memakan makanan mengandung gluten dan casein yang seharusnya dihindari, terjadi gangguan nutrisi yaitu gangguan metabolism, cara mengatasi gangguan nutrisi dengan terapi Applied Behavior Analysis (ABA) dan menerapkan diet ketat. Saran Diharapkan guru mampu lebih mengawasi menu makanan anak dan menerapkan diet ketat pada anak autis di sekolah, Kata kunci: Nutrisi, Autisme, Anak Autis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Gizi
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 03 Jun 2020 01:27
Last Modified: 30 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item