Gambaran Perbedaan Tingkat Emotional Quotient pada Mahasiswa yang Aktif dan yang Tidak Aktif dalam Berorganisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta

Anna, Margaretha Wungow (2020) Gambaran Perbedaan Tingkat Emotional Quotient pada Mahasiswa yang Aktif dan yang Tidak Aktif dalam Berorganisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengelola emosinya. Maka dari itu seseorang membutuhkan 5 komponen untuk membangun kecerdasan emosionalnya, yaitu : pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Gambaran Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emotional pada Mahasiswa yang Aktif dan yang Tidak Aktif Dalam Berorganisasi di STIKes Panti Rapih Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Populasi penelitian ini 475 mahasiswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik quota sampling dengan pengambilan sampel 142 responden Untuk mahasiswa yang aktif 29 responden dan mahasiswa yang tidak aktif 113 responden penelitian dilakukan selama 2 hari di STIKes Panti Rapih kampus 2. Metode pengumpulan data dan instrument pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner google form. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran tingkat perbedaan Emotional Quotient mengenai pengenalan diri mahasiswa yang aktif 58,62% dan mahsasiswa yang tidak aktif 65,48% sebagian besar memiliki kategori tinggi, Pengendalian diri mahasiswa yang aktif 55,18% dan mahsiswa yang tidak aktif 64,60% sebagian besar memiliki kategori tinggi, motivasi mahasiswa yang aktif 62,06% dan mahasiswiswa yang tidak aktif 72,56% sebagian besar memiliki kategori sedang, empati mahasiswa yang aktif 62,07% dan mahasiswa yang tidak aktif 63,72% sebagian besar memiliki kategori tinggi, serta keterampilan sosial mahasiswa yang aktif 79,32% dan mahasiswa yang tidak aktif 82,30% seabagian besar memiliki kategori sedang. Saran peneliti selanjutnya disarannkan jika tertarik meneliti topik yang sama disarankan untuk mendapatkan sampel yang dapat digeneralisasikan ke poupulasi sebaiknya menggunakan pendekatan rabndom sampling baik secara sistematis dengan mengajak kejasama sekolah tinggi terkait. Kata kunci : Emotional Quotient, Mahasiswa Yang Aktif, Mahasiswa Tidak Aktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Keperawatan Jiwa
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:50
Last Modified: 26 Aug 2022 09:10
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item