Gambaran Perilaku Caring Mahasiswa Tingkat 3 Diploma Tiga Keperawatan Saat Praktik Klinik Anak di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

Cecilia, Santa Dea Maharani (2019) Gambaran Perilaku Caring Mahasiswa Tingkat 3 Diploma Tiga Keperawatan Saat Praktik Klinik Anak di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Diploma thesis, STIKes Panti Rapih Yogyakarta.

[img] Text
santa.pdf

Download (181kB)

Abstract

Jumlah Halaman : 98 Caring merupakan perilaku yang mendasar dalam keperawatan. Caring menuntut komitmen moral untuk melindungi martabat manusia dan melestarikan kemanusiaan. Perilaku caring merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain, artinya memberikan perhatian yang lebih kepada seseorang dan bagaimana seseorang itu bertindak. Mahasiswa dituntut untuk memiliki perilaku caring dalam berhubungan dengan pasien dan melaksnakan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku caring mahasiswa program studi Diploma Tiga keperawatan saat melakukan praktik klinik keperawatan anak di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat 3 diploma tiga keperawatan anak yang menjalani praktik klinik anak di RS Panti Rapih Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik accidental sample yang mendapatkan 34 responden. Metode pengumpulan dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Didapatkan perilaku caring mahasiswa baik 64.7%. Perilaku caring menurut Jean Watson mendapatkan hasil nilai baik yaitu, hunanistik-altruistik 47%, menanamkan keyakinan dan harapan 67.7%, mengembangkan sensitivitas diri sendiri dan orang lain 53%, hubungan saling percaya dan saling membantu 50%, meningkatkan dan menerima perasaan positif dan negatif 41.2%, menggunakan metode pemecahan masalah yang sistematis dalam pengambilan keputusan 55.9%, meningkatkan proses belajar mengajar interpersonal 55.9%, menyediakan lingkungan yang mendukung 58.8%, membantu dalam pemenuhan kebutuhan manusia dasar 47%, dan mengembangkan faktor kekuatan eksistensial fenomenologis 58.8%. Semua faktort karatif perilaku caring mahasiswa mendapatkan nilai yang baik. Mahasiswa tentu perlu mempertahankan perilaku caring mereka. Institusi pendidikan tentu harus tetap mengembangkan pelaksanaan perilaku caring pada mahasiswa. Rumah sakit sebagai lahan praktek dituntut untuk memberikan contoh perilaku caring yang baik. Kata kunci : perilaku, caring, mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Komunitas
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:52
Last Modified: 08 Sep 2022 01:25
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item