Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Panti Rini Yogyakarta

Dyona, Wati Asmarani (2020) Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Panti Rini Yogyakarta. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit dewasa ini perlu selalu mengapresiasi keinginan pengguna layanan kesehatan. Pelayanan keperawatan sebagai salah satu pelayanan utama di rumah sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien yang dinilai dari aspek kepuasan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap pelayanan keperawatan di bangsal rawat inap Rumah Sakit Panti Rini Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif sederhana yang mengambil 30 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek tangibles menyatakan puas sebanyak 18 responden (60%) terhadap kerapian dan keamanan ruang rawat inap, dan penampilan perawat yang selalu rapi. Aspek reliability menunjukkan sebanyak 18 responden (60%) puas terhadap prosedur penerimaan pasien tidak berbelit-belit dan keramahan perawat. Aspek responsiveness menunjukkan sebanyak 21 responden (70%) puas terhadap ketanggapan yang dimiliki perawat. Aspek assurance menunjukkan sebaanyak 21 responden (70%) puas terhadap perilaku perawat yang menjaga kerahasiaan pasien dan terampil dalam melayani pasien. Aspek emphaty menunjukkan sebanyak 21 responden (70%) puas terhadap perhatian yang diberikan oleh perawat. Kesimpulan : pelayanan keperawatan yang diberikan sudah memuaskan bagi para pelanggannya. Saran peneliti selanjutnya : mengembangkan lagi secara mendetail tentang pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dikaitkan dengan lima aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan dalam pelayanan di rumah sakit. Saran untuk rumah sakit : ditingkatkan perhatiannya kepada para perawat, supaya dalam memberikan pelayanan secara maksimal. Kata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Tingkat Kepuasan, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan
Divisions: Diploma Tiga Keperawatan > Personal Higiene
Depositing User: Mr RepoSTIKes STIKesPR
Date Deposited: 18 May 2021 06:51
Last Modified: 08 Sep 2022 02:12
URI: http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item