Theresia, Indri Wulandari (2020) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tingkat Dua Diploma Tiga Keperawatan Terhadap Kinerja Dosen Mengajar Menggunakan Metode Ceramah Pada Pembelajaran Sistem Kardiovaskuler. Diploma thesis, Stikes Panti Rapih.
Text
Theresia Indri .pdf Download (70kB) |
Abstract
Proses pendidikan memerlukan suatu metode untuk dapat membantu mencapai tujuan belajar, jika metode tepat maka proses belajar semakin mudah dan efektif. Setiap metode menimbulkan kepuasan yang berbeda bagi setiap mahasiswa. Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa menggunakan metode ceramah dilihat melalui lima aspek kepuasan yaitu aspek tangibles, reliability, responsiveness, empaty dan empaty. Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan survei sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat dua Diploma Tiga Keperawatan STIKes Panti Rapih Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan total sampling yaitu sebanyak 82 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek tangibles menyatakan puas sebanyak 56 mahasiswa (68,29 %) terhadap kebersihan dan kenyamanan ruang kelas , tersediannya sarana dan prasarana untuk mendukung perkuliahan, penampilan dosen yang rapih dan bersih. Aspek reliability menunjukkan sebanyak 62 mahasiswa (75,60%) puas terhadap pembelajaran yang dilakukan tidak berbelit-belit dan disampaikan dengan jelas serta dosen yang datang tepat waktu. Aspek Responsiveness menunjukkan sebanyak 52 mahasiswa (63,41%) merasa puas terhadap dosen yang selalu memberikan kesempatan bertanya dan menjawab dengan jelas, serta sikap dosen yang ramah. Aspek assurance menunjukkan sebanyak 59 mahasiswa (71,95%) merasa puas terhadap pengetahuan, kompetensi, dan sifat dapat dipercaya para dosen. Aspek empaty menunjukkan sebanyak 61 mahasiswa (74,39%) merasa puas terhadap sikap dosen yang baik, perhatian, ramah dan selalu mengingatkan setiap mahasiswa. Kesimpulan : mayoritas mahasiswa puas dengan metode ceramah dilihat dari lima aspek. Saran ; dosen dan mahasiswa lebih mengembangkan diri dengan belajar menggunakan metode lain agar lebih efektif. Kata kunci : Kepuasan mahasiswa, metode ceramah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | STIKes Panti RApih Yogyakarta > Diploma Tiga Keperawatan |
Divisions: | Diploma Tiga Keperawatan > Komunitas |
Depositing User: | Mr RepoSTIKes STIKesPR |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 07:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:47 |
URI: | http://repository.stikespantirapih.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
View Item |